Mengenal Tenis Lapangan: Sejarah, Teknik Dasar, dan Aturannya

Profil Roger Federer, Pemain Tenis Legendaris Dunia yang ...

Mengenal Tenis Lapangan: Sejarah, Teknik Dasar, dan Aturannya – Mari kita pelajari sejarah tenis, teknik dasar, dan aturan permainan tenis lapangan.

Tenis lapangan adalah olahraga yang biasanya dimainkan antara dua pemain atau antara dua pasangan masing-masing dua pemain. Setiap pemain menggunakan raket untuk memukul bola karet. Tujuan permainan adalah memainkan bola dengan cara tertentu sehingga pemain lawan tidak dapat mengembalikan bola tersebut.

Nah, itu sekilas gambaran umum tentang tenis lapangan. Yuk cari tahu informasi lengkap tentang tenis lapangan di halaman berikutnya.

Sejarah Tenis Lapangan di Dunia

Lima bintang tenis yang siap berlaga di Olimpiade Tokyo - ANTARA News

Pada awalnya, tenis lapangan dikenal dengan nama lawn tennis atau tenis rumput. Sebab, olahraga ini memang dimainkan di lapangan atau tanah dengan permukaan rumput oleh pria dan wanita pada zaman Victoria (1820-1914).

Permainan tersebut dinamakan jeu de paume yang berarti “permainan telapak tangan”. Kemudian, permainan tersebut populer pada abad ke-16.

Pada abad ke-16 dan 18, permainan bola tangan sangat dihormati di kalangan raja dan bangsawan. Ketika akan memulai permainan itu, pemain akan meneriakkan kata dalam bahasa Perancis yakni “tanez” yang berarti “mainkan!”.

Sejarah Tenis Lapangan di Indonesia

Profil Aldila Sutjiadi, Atlet Tenis Indonesia yang Masuk Semifinal  Wimbledon 2023 - Regional Liputan6.com

Di Indonesia sendiri, olahraga tenis lapangan mulai berkembang tahun 1920-an. Saat itu, sekolah-sekolah elit menjadi yang pertama memperkenalkan permainan ini.

Mulai dari situ, berbagai organisasi pemuda mulai menyelenggarakan pertandingan tenis lapangan. Perkembangan tenis di Indonesia ini semakin pesat setelah masyarakat berhasil memenangi pertandingan yang diselenggarakan Belanda.

Teknik Dasar Tenis Lapangan

Petenis Dunia Terbaik Sepanjang Masa | Superprof

Berikut teknik dasar tenis lapangan yang perlu kamu kuasai:

1. Teknik Memegang Raket (Grip)

Hal ini bertujuan yang memudahkan kamu mengayunkan segala arah. Selain itu, cara memegang raket juga mempengaruhi kontrol, tenaga, dan arah pukulan.

Jenis Teknik Memegang Raket:

  • Continental grip: Cocok untuk berbagai jenis pukulan, akan tetapi kurang mampu memberikan topspin yang besar pada groundstroke sehingga kurang populer di kalangan petenis profesional.

 

  • Eastern grip: Teknik ini sangat cocok dilakukan untuk permukaan lapangan yang memiliki laju cepat dan bisa memberikan cukup top spin. Namun, teknik ini umumnya cukup menimbulkan kesulitan dalam menangani bola yang memantul tinggi.

 

  • Western grip: Teknik pegangan raket ini karena bisa menghasilkan topspin maksimum, terutama saat bermain di permukaan lapangan yang memiliki laju lambat seperti lapangan tanah liat (clay).

2. Teknik Posisi Siap (Ready Position)

Posisi siap atau ready position adalah posisi persiapan saat lawan melakukan servis atau pukulan balik dalam permainan tenis. Melakukan posisi siap dengan teknik benar bisa memberikan kesempatan untuk mengembalikan bola lawan dengan baik.

3. Teknik Memukul Bola (Stroke)

Teknik berikutnya adalah memukul bola. Berikut beberapa teknik pukulan bola (stroke) yang perlu kuasai agar dapat menguasai pertandingan:

  • Serve: Pukulan awalan untuk memulai permainan tenis. Teknik memukul bola ini dapat membuat lawan kesulitan untuk membalas tembakan.

 

  • Return of serve: Pengembalian pukulan servis dari lawan bisa membuka peluang untuk melakukan rally panjang dan mencuri poin.

 

  • Groundstroke: Teknik memukul bola ini membuat bola harus memantul sekali pada lapangan dalam melakukan serangan. Menyempurnakan salah satu teknik tersebut bisa membantu memenangi pertandingan.

 

  • Approach shot: Teknik memukul ini bertujuan menyerang dengan memukul bola sebelum mencapai garis belakang lapangan, tetapi meninggalkan banyak ruang pada bagian belakang.

4. Teknik Footwork

Footwork adalah gerakan kaki. Mempelajari footwork dengan benar akan sangat menguntungkan pemain karena mereka lebih bisa membuat gerakan yang leluasa di lapangan yang luas. Jadi entah harus menyerang ataupun bertahan, pasti jadi lebih mudah.

Dalam melakukan teknik ini salah satu kaki akan berfungsi sebagai kaki tumpuan, sedangkan kaki lainnya akan bergerak. Footwork two step adalah gerakan mendasar agar pemain bisa mudah bergerak ke kanan dan ke kiri, mengikuti arah pukulan bola dari pemain lawan.

 

 

officialeprixstore.id episkop.id ideindonesia.id terasjatim ptsp-kemenag-kalteng.id bintangku.id voicemuslim.id simalawyers.id websitecaleg.id paramountland.id hyundai-bali.id informasionline.id dealervespa.id kurniamotor.id desasungaibuluh.id eazypropertyofficial.id sunatmodern.id velvetmedia.id lacelandcianjur.id omarabdullah.id weekenders.id rswidodo.id mitsubishibekasi.id ku-institute.id aksesia.id fairygarden.id kopisekawan.id suzukipuri.id sejarahone.id cileungsivocal.id kodekampus.id temumkm.id datadoc.id mantab.id primekitchen.id kalimatindonesia.id geopelajar.id serviceacmedan.id egalite-media.id salembaranjati-desa.id semangatberkarya.id novalab.id gsorganik.id maramainterior.id aquapedia.id gtkbelajar.id morena-pulsa.id niatower.mx mexiquilla.com.mx virtualcloth.id grandalifia.id rumusq.id newjerusalem.net.au northerncityfc.com.au indievibesaustralia.com.au speedyskipbinhire.com.au lubanasengkoloutbound.id mistysofficial.com.au corrimalflowerdelivery.com.au zentaur.com.pe facesofbne.com.au moniquemitchelson.com.au prevenshop.mx hunterdog.org.au prodecksbrisbane.com.au vertriebskonzept-reinigung.de schwaebische-meile.de unggulan.id abc-noticias.com.mx cocinacentral1812.com.mx cumhh.de sidiroom.id audiohifi.pe camca.com.mx beliz.mx madisonparkmed.com.au franklymydearcoffee.com.au fountaingateflorist.com.au toycastleaus.com.au tegalyoso.id bmwcenter.id rebeccafearon.com.au plantsch24.de indokarya.id sunatkenang.id littlediva.id exhibedisplay.com.mx mrssippy.com.au theceller.com.au adeudovehicular.com.mx wartapendidikan.id yuanaryantresna.id iperfectdental.com.au eldaba.com.au setudi.id rocketfi.id nomorcallcenter.id m-pedia.id